tips menghemat baterai android

Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android
 android baru kamu pasti baterai nya cepat habiskan ,hmm kenapa yah?,nah ini di sebabkan banyaknya aplikasi dan penggunaan fitur yang tidak perlu di jalankan ,serta tingginya sistem operasi dan baterai yang kurang mendukung dari segi kapasitasnya.
untuk mengatasi masalah ini saya juga menjalankan beberapa cara ini agar baterai tahan sampai 1 hari full itupun kalau maksimal minimal 2x charge dalam sehari lah sudah merupakan hal yang wajar. yuk di simak baik-baik bagaimana cara menghemat baterai android secara mudah.

Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android
saya sendiri telah mencoba tips menghemat baterai untuk ponsel Android Galaxy samsung tab 3 SM-T211 dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dapat bertahan lebih lama dari setelan standar.berikut hal-hal yang perlu anda lakukan:

1. Matikan WiFi

Matikan WiFi di Android untuk menghemat baterai
mematikan WiFi jika sudah tidak digunakan lagi
Masuk Settings > Wi-Fi > OFF.

2. Batasi Background Data

  • Masuk Settings > Data Usage.
  • Pilih aplikasi yang akan kalian batasi background datanya.
  • Gulir kebawah dan centang “Restrict backgroud data”.

3. Mengatur Kecerahan ke Otomatis atau Minimum

kecerahan pada layar handphone mu sangat menguras baterai coba kamu turunkan di level rendah tetapi masih enak di gunakan atau di lihat dengan mata dan tidak membuat sakit pda mata kamu sendiri.atau kalian bisa setting di automatis
  • Settings > Display > Brightness.
  • Centang “Automatic brightness” dan pilih OK.
Kalian dapat memantau penggunaan baterai di Settings > Battery untuk ‘Screen’ sekarang.

4. Mematikan Pulse Notification Light

Pulse Notification Light ini sangat membantu para pengguna ponsel Android khususnya kami karena dapat mengetahui bahwa ada notifikasi pada perangkat Android kita. Seperti SMS, Panggilan, Missed Call, Chat dan lain sebagainya akan menggunakan fitur Pulse Notification Light ini. Bagai mana cara mematikan Pulse Notification Light ini ?
  • Settings > Display > Pulse Notification Light.
  • Hilangkan tanda centang pada Pulse Notification Light.
[highlight]Catatan :[/highlight] Mungkin tidak semua perangkat Android memiliki fitur Pulse Notification Light ini.

5. Matikan Getaran/Bunyi saat di sentuh

  • Masuk Settings > Sound.
  • Gulir ke bawah.
  • Hilangkan tanda centang pada :
    – “Vibrate on touch” untuk mengilangkan getaran saat kalian menyentuh layar.
    – “Touch sounds” untuk menghilangkan suara disetiap sentuhan ke layar.
    – “Dial pad touch tones” untuk menghilangkan suara sentuhan di papan dial.

6. Gunakan jaringan 2G saja (2G Only)(opsional)

Gunakan jaringan 2G saja (2G Only)
mungkin cara ini hanya opsional saja tidak harus di lakukan tergantung kebutuhan kamu sendiri
  • Masuk Settings.
  • Pilih More!
  • Kemudian masuk “Mobile networks”.
  • Dan berikan tanda centang pada “Use only 2G networks”.

7. Persingkat Screen Timeout

Persingkat Screen Timeout
Banyak dari mereka yang lupa mengkondisikan ponsel pada layar sleep setelah menggunakannya. Ini akan menguras daya tahan baterai ponsel sekalipun kecerahan layar pada posisi minimum. Rata-rata setelah default ponsel Android adalah 1 menit untuk Screen Timeout atau layar akan otomatis mati sendiri.
  • Masuk Settings > Display.
  • Pilih 30 seconds.

8. Matikan GPS

bahwa GPS ini cukup banyak memakan daya tahan baterai. Silahkan matikan GPS jika dirasa tidak diperlukan.
Masuk Settings > Location services > hilangkan centang semuanya.

9. Hapus Widget yang tidak perlu

biasakan untuk menggunakan widget seperlu nya saja ,sama halnya seperti widget yang di gunakan pada dekstop atau pc semakin banyak maka memakan memori yang bnyak sama halnya pula dengan handphone anda

10. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

live wallpaper memang di rasa cukup bagus untuk android karena kelihatan begitu menarik terutama di kalangan wanita yang saya lihat cukup banyak menggunakan ini,waktu saya mencoba menggunakan ini sangat menguras baterai ,sebaiknya anda lepaskan menggunakan ini selain baterai juga memakan kinerja CPU.

11. Menggunakan Wallpaper Gelap

Kebanyakan dari mereka para pengguna Android menggunakan Wallpaper dengan warna yang begitu mencolok. Warna yang mencolok tersebut terasa membuat mata kita nyaman apalagi didukung dengan layar Super AMOLED pada perangkat Android. Nyatanya wallpaper dengan warna menyolok dapat meningkatkan penggunaan daya tahan baterai. Wallpaper gelap sama dengan layar mati.

12. Nonaktifkan Sinkron Akun

Nonaktifkan Sinkron Akun
Sinkron dari beberapa akun dan aplikasi memang beberapa orang dari mereka pengguna Android membutuhkan fitur ini. Seperti untuk menerima email masuk, chat dan lain sebagainya membutuhkan sinkronisasi akun agar Real Time. Namun disaat tidak dibutuhkan fitur sinkron akun ini bisa dinonaktifkan. Apabila kalian menonaktifkan sinkron pada akun kalian makan akan merasakan penghematan penggunaan daya tahan baterai pada ponsel kalian hingga 2 kali lipat.


yup segitu yang saya lakukan pada handphone saya dan lumayan sampai saat penggunaan baterai bisa dikatakan cukup hemat dan memelihara kondisi baterai yang bagus dan aman.
Terima kasih telah membaca artikel tentang tips menghemat baterai android di blog share for info jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

di larang spam
di larang sara,dll
dilarang komen yang ga berhubungan dengan artikel

 
<>