penyebab dan cara mengatasi laptop blue screen pada laptop atau komputer





yup blue screen sempat menghantui laptop saya beberapa hari dan saya pikir tidak apa karena setalah saya restart tidak terjadi blue screen lagi
tapi apa daya malahan kemudian hari laptop ane blue screen lagi malah sempat hanya bisa bertahan skitar 1 jam dan terjadi blue screen lagi

nih saya akan berbagi penyebabnya terjadinya blue screen pada laptop atau komputer

dilihat dari code yang muncul saat blue screen terjadi

1.kapasitas harddisk
nah ini yang saya alami karena laptop saya kepenuhan disk space hanya skitar 2 GB saja bayangkan
padahal windows menyarankan untuk menyediakan sekuran - kurangnya 25% dari total disk yang di pakai harus ada space nya

solusinya :
saya menghapus beberapa software yang tidak saya pakai dan game yang sudah lama tidak saya mainkan hingga space disk saya sudah mencapai lebih 25% + dan taraa laptop sayapun bebas dari blue screen

2.IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Penyebabnya :
- Ketidakcocokan driver hardware yang terinstall di komputerVGA card 
- anda belum atau driver yang terinstall tidak cocok.
- Driver Audio card yang tidak cocok atau tidak terpasang dengan benar.
Solusi :
- Pastikan install driver hardware anda yang sesuai
coba copot dan pasang ulang VGA card serta Audio card anda, pastikan telah terpasang dengan benar  

3.NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023) Penyebabnya :
- Terdapat kerusakan di partisi atau file systemnya. namun bukan berada di hardsik.

Solusi :
- Coba periksa apakah kabel SATA/ IDE hardisk telah terpasang dengan benar.
- cek partisi dengan chkdsk

4.UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

 Penyebabnya :
-Overheat ( suhu pada komputer terlalu panas )
- Overclocking yang berlebihan
- Processor yang corrupt
- BIOS yang corrupt
Solusi :
- matikan Komputer terlebih dahulu.
- cek apakah sistem pendingin atau kipas bekerja dengan baik
- tambahkan komponen pendingin

5.DATA_BUS_ERROR
Penyebab :
-  Slot atau memory ( RAM ) terdapat kerusakan
Solusinya :
-  Coba periksa dan ganti RAM dengan yang baru 
6.INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Penyebabnya :
- Posisi Jumper pada hardisk yang salah
- Driver IDE controller yang salah
- Virus Boot sector
Solusinya :
- periksa kondisi kabel IDE
- bersihkan virus pada boot sector
- atur jumper pada hardisk 
yup hanya itu yang ane tau selebihnya ane gatau lagi
tapi msalah yang ane alami yah ane mengalami karena masalah disk space harddisk ane yang terlalu banyak dan melebihi rekomendasi dari windows itu sendiri
Terima kasih telah membaca artikel tentang penyebab dan cara mengatasi laptop blue screen pada laptop atau komputer di blog share for info jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

di larang spam
di larang sara,dll
dilarang komen yang ga berhubungan dengan artikel

 
<>